"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Renungan Kristen - Perlindungan Tuhan - Kesepakatan Membagi Tugas Pelayanan

cintakasih.net_ Renungan firman kali ini diambil dari Mazmur 27:1-6 dan Galatia 2:1-10. Judul renungan yang diambil dari bacaan 1 yaitu Perlindungan Tuhan dan bacaan 2 Kesepakatan Membagi Tugas Pelayanan. Semoga renugan kali ini menjadikan kita umat yang makin percaya akan Tuhan Yesus. Amin

Renungan 1:
Takut adalah perilaku yang umum dijumpai dalam hidup manusia sehingga mereka mencari perlindungan kepada berbagai hal. Bisa kepada orang yang dianggap lebih kuat dan berani; bisa kepada jimat-jimat; bisa kepada atasan; dst.

Raja Daud mencari perlindungan yang paling kokoh, yang tidak akan ditembus oleh musuh sekuat dan sebanyak apa pun. Perlindungan-Nya adalah Tuhan, pencipta alam semesta. Raja Daud menggambarkan perlindungan Tuhan seperti benteng yang membuat dia aman dan tidak gemetar ketakutan (ay.1). Musuh yang ingin membinasakan justru tergelincir dan jatuh (ay.2). Bahkan sekalipun dikepung oleh tentara, seolah tidak ada jalan untuk lolos melarikan diri; sekalipun diserang oleh musuh, Daud tidak takut (ay.3) karena Tuhan lebih besar dan lebih berkuasa dari siapa pun.

Renungan Kristen - Perlindungan Tuhan - Kesepakatan Membagi Tugas Pelayanan
www.cintakasih.net

Dia adalah Allah yang harus ditakuti, lebih dari ketakutan kepada siapa pun. Karena itu, Daud mengharapkan untuk tetap tinggal dalam rumah Tuhan menyaksikan dan menikmati kebaikan Tuhan (ay.4). Daud tidak akan dapat disentuh oleh siapa pun, jika ia tinggal dalam rumah Tuhan. Sang pemilik rumah akan menjaga dia selamanya.

Apakah kita sudah menjadikan Tuhan yang adalah penguasa alam semesta, pemilik segala sesuatu di bumi, sebagai pelindung diri dan hidup kita? Tuhan Yesus telah menyerahkan diri sampai mati di kayu salib, agar kita tidak takut lagi dengan kematian karena Ia bangkit demikian orang percaya akan bangkit pada saatnya nanti. Amin

Judul Renungan: Perlindungan Tuhan
Bacaan Alkitab: Mazmur 27:1-6
======================
www.cintakasih.net

Renungan 2:
"Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri. Jika ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama-sama". Itu adalah pepatah Afrika yang menekankan akan persatuan atau kebersamaan. Jika di bawah ke dalam konteks pekerjaan, maka bisa diartikan sebagai pekerjaan sedikit boleh dikerjakan sendiri tetapi pekerjaan yang banyak harus dikerjakan bersama-sama.

Demikianlah kesepakatan yang dilakukan oleh Paulus bersama Barnabas dan Titus dan Petrus bersama Yakobus dan Yohanes di Yerusalem sat Paulus dan kedua rekannya mengunjungi Yerusalem untuk kedua kalinya. Mereka sepakat bahwa pekerjaan pemberitaan Injil Yesus Kristus kepada bangsa-bangsa tidak dapat dikerjakan sendiri-sendiri. Pekerjaan tersebut terlalu besar, sehingga mereka sepakat membagi tugas: Petrus, Yakobus, dan Yohanes memberitakan injil Yesus Kristus kepada orang Yahudi, sementara Paulus dan rekan lainnya memberitakan injil Yesus Kristus kepada orang nonYahudi (ay.7-9).

Karya para Rasul tersebut dilanjutkan terus-menerus dalam sejarah perjalanan kekristenan hingga saat ini. Belum berakhir. Nah, pertanyaan untuk setiap kita yang sudah diselamatkan di dalam iman kepada Yesus Kristus, ialah: Apakah saya ikut melanjutkan tugas pemberitaan Injil tersebut, ataukah saya hanya berpangku tangan saja dan membiarkan tetangga, sahabat, rekan kerja yang tidak mengenal Kristus itu binasa selama-lamanya dalam hukuman kekal?

Mari kita berbagi tugas seperti para Rasul berbagi tugas, karena pekerjaan ini berat. Bagaimana pun, kita semua diberi tugas"pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku..." (Matius 28:18-20). Amin

Judul Renungan: Kesepakatan Membagi Tugas Pelayanan
Bacaan Alkitab: Galatia 2:1-10
======================
www.cintakasih.net

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Renungan Kristen - Perlindungan Tuhan - Kesepakatan Membagi Tugas Pelayanan