"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Renungan Kristen : Berbagi untuk Mengingat Kuasa Tuhan (Keluaran, 12:1-11)

cintakasih.net_ Berbagi untuk Mengingat Kuasa Tuhan. Ada orang yang mudah berbagi sesuatu dengan sesama. Entah berbagi makanan, pakaian, harta benda, pemikiran, dan lain-lain. Ada juga yang perlu waktu memikirkannya baru mengambil keputusan untuk berbagi atau tidak. Namun, ada pula yang tidak mau berbagi, apapun alasannya.

Saat orang Israel masih di Mesir dan sedang dipersiapkan oleh Tuhan untuk keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian, mereka diperintahkan oleh Tuhan untuk merayakan paskah bagi Tuhan (ay.11). Paskah bagi Tuhan adalah saat di mana Tuhan melewati paskah rumah-rumah orang Israel, sedangkan rumah-rumah orang Mesir ditimpanya dengan tulah ke-10 yakni kematian anak sulung. Saat itu, Tuhan memerintahkan agar mereka mengorbankan seekor anak domba atau kambing dan dimakan secara bersama-sama.

Renungan Kristen : Berbagi untuk Mengingat Kuasa Tuhan (Keluaran, 12:1-11)
www.cintakasih.net

Jika anggota keluarga terlalu sedikit dan memperkirakan bahwa satu ekor anak domba itu tidak akan mereka makan habis, maka mereka dapat bergabung berbagi dengan tetangga yang terdekat. Tidak boleh ada yang tersisa sampai pagi, ketika mereka meninggalkan Mesir. Bahkan, jika masih ada yang tinggal dari korban itu, maka haruslah dibakar habis (ay. 10).

Jadi orang Israel sejak awal sudah dididik oleh Tuhan, untuk berbagi dengan sesama dan tidak menyisahkan makanan menjadi sampah yang tidak berguna. Makanan diberikan oleh Tuhan untuk menjadi saluran berkat kekuatan dari Tuhan. Bukan untuk ditinggalkan menjadi sampah. Mari belajar menghargai berkat Tuhan dengan berbagi kepada sesama. Tuhan memberkati kita. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Renungan Kristen : Berbagi untuk Mengingat Kuasa Tuhan (Keluaran, 12:1-11)