"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Contoh Renungan : Diberi Kesempatan (Keluaran 32:7-14)

cintakasih.net_ Anak yang masih kecil biasanya sulit memegang janji yang telah ia ucapkan. Ketika seorang anak kecil melakukan kesalahan, saat ia diberi hukuman ia mudah sekali untuk mengatakan: "ampun, saya janji tidak akan mengulanginya lagi." Sebagai orang tua yang mendengar perkataan anak kecil seperti itu tentunya merasa sayang dan memberi pelukan bahkan kesempatan kepada si anak. Walaupun beberapa saat kemudian kembali mengulangi kesalahannya.

Allah telah mengikat perjanjian dengan Israel bahkan bangsa Israel telah mengucapkan janji untuk taat sepenuhnya kepada Allah (pasal 24). Namun ironisnya pada pembacaan kita ini, ketika mereka berada di kaki gunung menantikan Musa, ternyata membuat orang Israel tidak sabar. Mereka mengira bahwa Musa sudah binasa dalam api yang terlihat menghanguskan di puncak gunung Sinai. 

 Contoh Renungan : Diberi Kesempatan (Keluaran 32:7-14)
www.cintakasih.net

Lalu mereka mendesak Harun agar membuatkan bagi mereka allah lain (berhala), yang akan memimpin mereka. Mereka melupakan Allah yang masih hadir dalam kemulian-Nya di atas gunung Sinai. Allah murka, sehingga Ia ingin membinasakan Israel. Namun untunglah masih ada Musa yang "memohon" kepada Allah dan Allah pun menyatakan kasih sayangnya karena seorang anak yakni Musa yang "memohon" kesempatan dari Allah.

Seperti seorang ayah/ibu yang mengasihi anaknya demikian Tuhan terlebih mengasihi umat-Nya. Kesempatan bertobat masih terbuka, yakinlah bahwa ini anugerah dari pada-Nya. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Renungan : Diberi Kesempatan (Keluaran 32:7-14)