"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Yesus Pokok Sukacita : Yesus Menyembuhkan Orang Lumpuh

cintakasih.net_ Yesus Pokok Sukacita. Doa Pembuka. Tuhan Yesus Kristus, kami bersyukur kepada-Mu, atas sukacita yang Engkau anugerahkan bagi umat-Mu yang sedang mengalami pergulatan sakit. Tuhan Yesus Kristus, Engkau menyapa orang lumpuh yang penuh dengan kasih sayang dibawa kepada-Mu. Engkau mengasihi orang lemah dan berdosa. yang mau berusaha sekuat tenaga mendekat kepada-Mu. Tuhan, kami mohon rahmat-Mu agar kami mau mendekati Engkau dalam segala keadaan kami, yang lemah dan berdosa. Ampunilah dosa kami dan sembuhkanlah dari sakit. Sebab, Engkau Sang Tabib Sejati yang berkuasa, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan Injil, Markus 2:3-5, 11-12. Ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, dogotong oleh empat orang. Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu, "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni! Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Dan orang itu pun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya, "Yang begini belum pernah kita lihat."

Demikianlah Injil Tuhan.
Terpujilah Kristus.

Yesus Pokok Sukacita : Yesus Menyembuhkan Orang Lumpuh
www.cintakasih.net

Butir Perenungan. Sungguh luar biasa! Yesus menyembuhkan seorang lumpuh yang diturunkan dari atap rumah oleh empat orang yang membawanya ke tempat itu (Mrk. 2:3). Yesus menyembuhkan orang lumpuh dengan kuasa-Nya. Yesus mengatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu. Kuasa Yesus pun akan turun bagi semua umat-Nya yang sedang bergulat dalam sakit.

Mari kita senantiasa bersukacita dan datang kepada Yesus, untuk memohon mukjizat kesembuhan dari sakit. Seperti orang lumpuh yang dengan tulus dan penuh kepercayaan datang kepada Yesus, melalui empat orang yang menggotongnya.

Ujud Kesembuhan. Ujud 1 (Didoakan oleh si sakit)
Selama aku sakit, semoga Tuhan Allah membuat hatiku mampu menghadapi penyakit ini dan mengalihkan perhatianku dengan penuh kasih pada kebutuhan dan perhatian terhadap orang lain. Semoga dia memberiku keceriaan dan kegembiraan, membuatku penuh perhatian terhadap sesama, menyebarkan sikap optimis pada semua yang menemani dan menolongku selama aku sakit: keluargaku, sahabat, mereka yang merawatku, para imam, dan rohaniwan yang datang menjengukku.

Ujud 2 (didoakan oleh pendamping)
Semoga Tuhan Allah kita menolong ... (sebut nama si sakit) selama ia sakit, agar ia dapat menghadapi penyakit ini dengan tegar, sehingga pada akhirnya ia dapat menjadi teladan iman dan sukacita yang terus menerus bagi orang lain karena kemurahan hati dan penyangkalan dirinya, dengan tetap tersenyum, seria, penuh iman dan kasih yang menyala.

Doa kepada Yesus, Sang Penyembuh
(bisa didoakan oleh si sakit atau pendamping)
Tuhan Yesus, aku serahkan hidupku
ke dalam tangan-Mu.
Aku bawa penderitaan dan penyakitku
kepada-Mu, Sang Penyembuh Sejati.
Dengan kuasa dan mukjizat-Mu, aku mohon 
kepada-Mu sembuhkanlah aku dari sakit (sebut jenis penyakitnya).
Penyelamatku,
kini dan sepanjang masa. Amin.
Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Yesus Pokok Sukacita : Yesus Menyembuhkan Orang Lumpuh