"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Kumpulan Renungan Katolik: Mengenal dan Mengakui Tuhan, Membenarkan Kahadiran Tuhan

cintakasih.net_ Mengenal dan Mengakui Tuhan, Berto terkenal sebagai anak yang bandal. Kedua orang tuanya amat prihatin dengan kehidupan anaknya itu. Setiap malam keluarga Suryo selalu berdoa untuk Berto. "Tuhan  semoga anak kami mengenal dan akhirnya mengakui pendampingan-Mu melalui kami orang tuanya." Suatu ketika, Berto dan beberapa temannya ditangkap Polisi, karena terlibat kejatan narkoba. dalam proses selanjutnya, Pak Suryo dan istrinya, selalu mendampingi Berto dalam urusan perkara itu dan rehabilitasi mental. Berto kemudian sadar dan menjadi baik. "Melihat dan mengalami kasih, perhatian, dan penerimaan tulus dari kedua orang tuaku, saya mengakui bahwa telah mengenal dan mengalami kasih Tuhan." Sharing Berto, atas pengalamannya ini kepada para remaja, saat menjadi duta 'No Narkoba.'

Sabda Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa Allah adalah Kasih. Kaum beriman atau orang-orang yang percaya kepada-Nya, diajak untuk saling mengasihi sebagai proses untuk mengenal dan mengalami kesempurnaan Allah. Saat Yesus berjalan di atas air mendahului para murid-Nya, pada saat yang sama murid melihat Yesus, tetapi mereka tidak mengenalnya. "Ketika mereka melihat Dia berjalan di atas air, mereka mengira Ia adalah hantu, lalu mereka berteriak-teriak, sebab mereka semua melihat Dia dan mereka pun sangat terkejut." Membuka diri, mengenal Tuhan dan merasakan kasih-Nya dalam hidup ini mengantar kita mengakui bahwa Allah adalah kasih.

Kumpulan Renungan Katolik: Mengenal dan Mengakui Tuhan, Membenarkan Kahadiran Tuhan
www.cintakasih.net

Saudara dan saya belum pernah melihat Tuhan. Kita mengalami kebaikan, kasih sayang-Nya melalui sesama. Ia hidup dan mengarahkan kita melalui peristiwa-peristiwa kehidupan. Doa, refleksi dan perenungan atau bahasa Kitab Suci 'mencari tempat sunyi' merupakan salah satu cara untuk mengenal dan akhirnya mengakui peran dan kehadiran-Nya. (Bacaan Renungan dari: Mrk 6:45-52*)

cintakasih.net_ Membenarkan Kehadiran Tuhan, Kebenaran adalah relatif, dalam arti yang benar menurut saya belum tentu benar menurutmu. Fakta atau bukti merupakan tolok-ukur  kebenaran dalam ilmu-ilmu empiris. Orang beriman Kristiani, dalam dan melalui imannya 'membenarkan atau menyatakan Ya' bahwa Yesus Kristus adalah model pewahyuan Allah.

Kumpulan Renungan Katolik: Mengenal dan Mengakui Tuhan, Membenarkan Kahadiran Tuhan
www.cintakasih.net

Surat pertama Yohanes menegaskan bahwa pembenaran pewahyuan Allah dalam diri Tuhan Kristus, terjadi riil dalam interaksi dengan sesama. "Jika seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta..." Membenarkan kehadiran Yesus dan pewartaan-Nya yang terarah kepada orang-orang kecil dan sederhana merupakan penegasan akan kasih Allah yang menyelamatkan manusia. "Dan mereka semua membenarkan Dia dan mereka heran dengan kata-kata indah yang diucapkan-Nya..,"

Lagi-lagi Tuhan menyakinkan saudara-saudari dan saya agar bersaksi dan membenarkan kehadiran-Nya, terutama dalam  realitas kita sekarang yang selalu mengandalkan kemampuan, pengetahuan, dan kreatifitas diri sendiri tanpa memperhitungkan penyelenggaraan Ilahi. Pengakuan akan kehadiran-Nya. Orientasi Tuhan terhadap orang kecil sederhana karena sikap ketergantungan kepada-Nya. Hanya kepada Tuhan mereka bersandar. (Bacaan Renungan dari: Luk 4:14-22a*)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Renungan Katolik: Mengenal dan Mengakui Tuhan, Membenarkan Kahadiran Tuhan