"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Kumpulan Renungan Katolik: Aku Berarti bagi Tuhan, Ambil Bagian demi Kebaikan

cintakasih.netAku Berarti bagi Tuhan, 11 Januari gereja merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan. Pembaptisan Tuhan mengingatkan akan Pembaptisan kita. Kita dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Rahmat Pembaptisan ini menjadikan martabat kita sebagai keluarga besar Allah, karena Yesus Kristus. Ia adalah Putra kesayangan Allah. Pembaptisan Allah di sungai Yordan oleh Yohanes Pembaptis, bersama-sama orang lain merupakan ungkapan solidaritas Yesus terhadap manusia. Ia memang sama dengan manusia kecuali dalam hal dosa.

Bacaan-bacaan liturgis pada pesta pembaptisan Tuhan, mengetengahkan rahmat dan kebaikan-Nya, karena relasi spesial dengan manusia. Yesaya menggambarkan, bahwa Allah sebagai sumber rahmat dan kepuasan. Siapa saja yang datang kepada-Nya akan memperoleh dengan cuma-cuma. Relasi atau ikatan Tuhan Allah kekal denganmu, bukti kerelaan-Ku yang Kujanjikan kepada Daud." Surat pertama Yohanes menggambarkan bahwa rahmat itu karena iman akan Yesus Kristus. "Siapa yang mengalahkan dunia, selain daripada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Putra Allah?" Injil Markus mengisahkan bahwa relasi Yesus dengan Allah, mengajak orang-orang beriman untuk mendengarkan Dia (Yesus Kristus) karena Dia adalah Putra Kesayangan Allah. "Engkau Putra kesayangan-Ku. Engkau berkenan di hati-Ku.

Kumpulan Renungan Katolik: Aku Berarti bagi Tuhan, Ambil Bagian demi Kebaikan
www.cintakasih.net
Baca: Tuhanlah Arah dan Orientasi Hidupku

Saudara-saudari dan saya dibaptis dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, dan tanggapan kita adalah Amin. Permandian yang kita terima menggambarkan bahwa kita berpartisipasi dalam karya keselamatan Allah, sebagai bagian keluarga besar Allah. Relasi dengan Tuhan yang terlaksana dalam dan melalui relasi baik dengan sesama. Kita bertanya pada diri pada saat pesta pembaptisan Tuhan ini. Bagaimana hubungan Tuhan dalam karya dan syukur? Bagaimana relasiku dengan Tuhan, dalam tobat dan pembaharuan hidup? Tuhan tanpa-Mu aku tak ada artinya." Amin.

cintakasih.net_ Ambil Bagian demi Kebaikan, Karolus Rawailin dan Martina Kolondasi, melibatkan anak-anaknya dalam menata ruang rumah keluarga itu. Gak yang duduk di bangku sekolah menengah atas dan Bliro di bangku menengah pertama itu, selalu memberikan ide, gagasan, serta aktif menata ruangan sesuai dengan keinginan keluarga itu. Posisi sofa, fans bunga, meja makan, almari dll. "Biar kami selalu merasa 'baru' sambil melatih kreatifitas dan tanggung jawab anak-anak," tanggap Karolus saat ditanya tetangga.

Kumpulan Renungan Katolik: Aku Berarti bagi Tuhan, Ambil Bagian demi Kebaikan
www.cintakasih.net

Surat Ibrani menekankan bahwa Allah selalu melibatkan manusia dalam menata dan membangun kehidupan. Yesus Kristus adalah model bagaimana Allah secara total melibatkan manusia itu, karena Ia adalah cahaya dan gambar wujud Allah..." Yesus memanggil 12 murid-Nya. Ia memanggil mereka dari realitas hidup hariannya; profesi, cara berpikir serta kebiasaan hidup harian yang ada. Tidak ada yang istimewa, biasa-biasa saja. prosedurnya juga simpel, tidak melalui jalur birokrasi yang rumit. "Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."

Allah memanggil kita agar terlibat dalam perwartaan Kabar Gembira dalam dan melalui hidup ini. Ia mengajak kita agar mendayagunakan segala keberadaan kita. Tutur kata, pekerjaan/profesi, laku-langkah kita merupakan bagian dari pewartaan. Mengapa? Allah, dalam diri Tuhan kita Yesus Kristus memanggil seluruh eksistensi keberadaan kita sebagai pribadi yang beriman. Tantangannya adalah apakah saya selalu menjawab ya, dan rela terlibat kala diajak untuk sebuah aktifitas demi kebaikan sesama? Atau apakah saya meninggalkan kebiasaan yang tak perlu dan tak pantas agar mengikut Tuhan dengan penuh kebebasan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Renungan Katolik: Aku Berarti bagi Tuhan, Ambil Bagian demi Kebaikan