"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Renungan Kristen Protestan (Bukan Lagi Hamba, Melainkan Saudara)

cintakasih.net_ Dalam struktur masyarakat tradisional, kata "hamba" dan "tuan" merupakan dua kata yang sangat sering diucapkan. Dimana ada tuan, disitu pasti ada hamba. Fakta ini juga terjadi di beberapa daerah. Sampai saat ini, sering kali hubungan "hamba-tuan" di masa lampau masih memengaruhi hubungan sosial di dalam daerah bahkan juga di dalam jemaat. Pertanyaannya kemudian, masih relevankah peristilahan ini dipertahankan oleh orang Kristen?

Surat kepada Filemon ditulis Rasul Paulus ketika ia sedang berada dalam penjara. Di dalam penjaraj itulah. ia berjumpa dengan Onesimus yang tak lain adalah hamba Filemon. Perjumpaan Rasul Paulus dengan Onesimus telah mengubah Onesimus menjadi seorang pengikut Kristus. Dalam suratnya, Rasul Paulus berharap Filemon dapat menerima kembali Onesimus. Filemon harus menerima kembali Onesimus sebagai saudara, bukan lagi sebagai hamba. Mengapa? Bagi Rasul Paulus, hubungan "tuan-hamba" antara Filemon dan Onesimus tidaklah dapat dipertahankan lagi sebab kedua-duanya kini telah menjadi seorang Kristen bahkan telah menjadi teman seiman.

Belajar dari pengalaman kebersamaan Rasul Paulus dan Onesimus serta Filemon, kita dinasihatkan dan diajak untuk menerima sesama tanpa memperhitungkan lagi keadaannya di masa lalu. Jika Yesus Kristus, sendiri tidak lagi menyebut kita hamba melainkan sahabat, maka tentulah kita akan membangun hubungan persahabatan dalam kasih Yesus Kristus dengan semua orang tanpa terkecuali.
 
Renungan Kristen Protestan (Bukan Lagi Hamba, Melainkan Saudara)
www.cintakasih.net

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh renungan Kristen Protestan dengan tema 'Bukan lagi Hamba, Melainkan Saudara'. Semoga renungan kali ini bisa menambah iman kita sebagai insan yang percaya kepada Tuhan. Kiranya Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Renungan Kristen Protestan (Bukan Lagi Hamba, Melainkan Saudara)