"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Kasih Terhadap Orang yang Tidak Kita Senangi

cintakasih.net_ St. Matius seorang rasul. Ia pengikut Yesus yang setia. Ia senantiasa memegang apa yang telah diajarkan Tuhan Yesus. Ajaran itu diwariskan kepada para pengikut Yesus yang lain. Nasihat itu berbunyi:

"Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di surga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya daripada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di surga adalah sempurna."

Ingatlah!
Kita biasanya mencintai kawan, tetapi membenci musuh. Kita biasanya membenci orang, teman yang tidak kita sukai. Teman yang suka menghina, menjelekkan, memfitnah, membuat sakit hati, sulit kita terima.

Sikap Allah berbeda dengan sikap manusia. Allah memberikan matahari dan menurunkan hujan kepada semua orang. Entah orang itu baik atau jahat diperlakukan sama, yaitu diberi anugerah sama. Sikap Allah itu bertentangan dengan sikap kita, membenci orang yang tak kita sukai. Kita mau mengikuti Yesus dengan berpegang kepada Allah, sekalipun itu sulit. Sulit sekali. Marilah mencoba mencintai, dan menerima orang yang tidak kita senangi.
Kasih Terhadap Orang yang Tidak Kita Senangi
www.cintakasih.net

Tugas hari ini!
Kita hidup selalu bersama dengan orang lain. Kita banyak bergaul dengan teman, adik, kakak, ayah/ibu, dll. Dalam pergaulan sering kita jumpai teman yang menyakitkan hati kita. Entah lewat kata-kata, tindakan atau perbuatan, yang dilakukan sehingga menyebabkan orang lain menderita.
  1. Pernahkah kamu membuat sakit hati temanmu?
  2. Masih ingatkah kamu, dalam peristiwa apa?
  3. Bagaimana perasaan temanmu, ketika kita sakiti hatinya?
  4. Di lain pihak, Allah menuntut kita untuk berbuat kasih terhadap musuh kita, orang yang kita benci, teman yang kita benci, teman yang tidak kita senangi. Apakah kamu setuju dengan sikap Allah?
  5. Apakah mesti kamu lakukan terhadap orang yang tidak kau senangi?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kasih Terhadap Orang yang Tidak Kita Senangi