"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Bagian-Bagian Perayaan Ekaristi

cintakasih.net_ Kali ini admin akan membagikan materi persiapan komuni yaitu bagian-bagian perayaan Ekaristi. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu peserta yang baru pertama kali mendapat komuni. Dan semoga kalian menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan bisa menjadi kebanggaan bagi kedua orang tua terlebih kepada Tuhan. Tuhan memberkati.
Adapun bagian-bagian dalam perayaan Ekaristi adalah sebagai berikut.
  1. Doa pembukaan/tobat: kita diajak mempersiapkan diri untuk merayakan Ekaristi dengan pantas. Oleh karena kita mempunyai kesalahan terhadap Tuhan dan sesama, kita mohon ampun.
  2. Pembacaan Kitab Suci: Kitab Suci adalah sabda Tuhan sendiri. Mendengarkan pembacaan Kitab Suci adalah mendengarkan sabda Tuhan sendiri. Maka dengarkanlah baik-baik.
  3. Homili/khotbah: Arti kitab suci yang dibacakan sering kurang jelas bagi kita. Maka imam atau pengkhotbah lain menerangkannya, supaya kita dapat mengerti dan hidup daripada-Nya.
  4. Doa umat: Kita percaya bahwa Tuhan mau memberi sagala yang baik, asal kita mohon kepada-Nya. Maka, sekarang kita berdoa untuk segala kebutuhan Gereja, negara, orang yang menderita, dan kita sendiri.
  5. Persembahan: Dalam persembahan kita mempersembahkan roti dan anggur yang nanti akan menjadi tubuh dan darah Kristus. Kita mempersembahkan juga segala doa dan kerja, suka dan duka kita kepada Tuhan.
  6. Doa Syukur Agung: Kita bersyukur kepada Bapa bersama dengan Yesus. Dengan rasa syukurj-kita juga mengenangkan perbuatan Yesus dalam perjamuan terakhir. Kita menyembah tubuh dan darah Yesus yang telah wafat dan bangkit bagi kita dan yang akan kembali pada akhir zaman.
    Bagian-Bagian Perayaan Ekaristi
  7. Komuni: Kita menyambut tubuh dan darah Kristus. Kita menjadi satu dengan Yesus. Dan kita juga bersatu dengan umat yang lain sebagai saudara. Kita dipersatukan karena makan roti yang satu. Yesus memberikan damai kepada kita.
  8. Berkat: Sebagai jaminan perlindungan Tuhan kita diberkati. Lalu diutus untuk melakukan tugas kita sehari-hari dengan semangat baru sebagai sahabat Yesus.
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang bagian-bagian perayaan Ekaristi dalam persiapan komuni pertama dalam agama Katolik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagian-Bagian Perayaan Ekaristi