"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Renungan Harian Kristen Katolik Rabu, 11 Oktober 2017

cintakasih.net_ Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-mirid-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya. "Jawab Yesus kepada mereka" Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."


Renungan:
Nabi Yunus mengajarkan kepada kita untuk menyelami kasih dan kerahiman Allah dalam hidup. Kerahiman Allah yang teramat dalam diberikan untuk segenap manusia dari mana pun. Allah mengasihi orang-orang yang menyesali kedosaanya serta kembali memperbarui hidupnya. Belas kasih Allah jauh melampaui pikiran, kehendak, dan pengetahuan manusia.

Belas kasih dan kerahiman Allah ditegaskan oleh Yesus sendiri dalam doa yang sangat indah dan sempurna. Ia bukan sekadar mengajarkan bagaimana mesti berdoa. Ia menunjukkan sosok Allah Yang Berbelas kasih dan Maharahim. Oleh karenanya, ditekankan pembelajaran dengan sebuah tindak rohani yang terdalam, yakni pengampunan, sebagaimana Bapa telah mengampuni kita.
 
Renungan Harian Kristen Katolik Rabu, 11 Oktober 2017
www.cintakasih.net

Dalam keseharian, sering kali hidup dikuasai kemarahan, balas dendam, dan keinginan yang merusak diridalam orang lain. Terlebih bila dihadapkan pada persoalan untung rugi, hak serta martabat serta tindakkan yang tidak menggenakkan lainnya. Sikap yang muncul adalah saling menghakimi, kebencian, dan balas dendam. Bacaan-bacaan suci pada hari ini menyadarkan seraya mengajak kita untuk menyelami kemurahan hati Allah serta belajar dari-Nya untuk saling mengampuni dan mencintai satu dengan yang lain.

Ya Bapa Yang Mahabaik, sering kali aku belu mampu untuk mengampuni kesalahan sesamaku. Aku lebih mementingkan kehendakku sendiri daripada kehendak-Mu. Ampunilah aku orang berdosa. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Renungan Harian Kristen Katolik Rabu, 11 Oktober 2017