"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Kumpulan Cerita Alkitab Penyebab Manusia Jatuh dalam Dosa

cintakasih.net_ Adam dan Hawa adalah manusia pertama yang diciptakan Allah. Allah menciptakan mereka menurut gambar-Nya. Setelah Allah menciptakan mereka, Ia menempatkan mereka di taman Eden (Kejadian 2:8). Taman itu sungguh indah. Allah memberikan tanggung jawab kepada mereka untuk mengelola dan memelihara taman itu. Pada waktu itu mereka belum mengenal dosa, dan bekerja merupakan hal yang sangat menyenangkan. Di dalam taman itu tersedia segala sesuatu untuk mereka nikmati. Adam dan Hawa memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan untuk bahagia satu dengan lain dan juga dengan Allah.

Di tengah-tengah taman Eden, Allah menumbuhkan pohon kehidupan serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat. Semua buah dari pohon di dalam taman tersebut boleh mereka makan, kecuali buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Perintah dan larangan Tuhan
sangat jelas. Jika mereka memakannya, maka mereka akan mati. Bagi mereka kata mati masih asing. Mereka hanya tahu bahwa itu mengerikan. Namun, jika mereka taat dan setia, maka mereka akan dianugerahi kesejahteraan yang kekal, juga kepada anak-anak mereka nantinya. Kalau Allah berbicara, mereka mendengarkan dengan penuh rasa hormat dan perhatian.

Ke dalam taman yang indah, yang disediakan Allah bagi manusia itu, iblis pun menyelinap kemudian iblis mengembara dan berkeinginan merusak pekerjaan Allah. Iblis tahu bahwa manusia akan tetap berbahagia dan tidak kurang suatu apa pun selama mereka taat dan setia kepada Allah. Oleh sebab itu iblis akan mencobai dan menggoda serta membujuk mereka agar tidak setia lagi. Iblis berpikir lebih baik bukan ia sendiri yang pergi menemui Adam dan Hawa. Iblis menggunakan akal liciknya dengan menggunakan ular sebagai alatnya sebab ular adalah binatang yang paling licik dari segala binatang yang ada.

Kumpulan Cerita Alkitab Penyebab Manusia Jatuh dalam Dosa
www.cintakasih.net

Ular datang menghampiri dan menggoda Hawa dengan memutarbalikkan perintah Allah. Ular berbisik: “Sekali-kali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.” Hawa mendengar semua keterangan ular itu dan percaya pada perkataan dan tipuan Iblis. Ia melihat bahwa pohon itu baik buahnya untuk dimakan dan sedap dipandang mata. Lalu, ia mengambil buahnya, memakannya, dan memberikannya juga kepada Adam, suaminya.

Dan sayang sekali, Adam pun memakan buah itu. Adam juga memilih percaya pada dusta Iblis daripada kebenaran Allah. Pada saat itu dosa masuk ke dalam hidup mereka, juga rasa takut dan gentar yang menghalau kebahagiaan mereka. Di sinilah asal mula dosa. Dosa terjadi ketika manusia tidak taat kepada Allah, manusia menuruti keinginannya sendiri dan bukan menuruti kehendak Allah. Sekarang Adam dan Hawa sadar bahwa iblis sudah menipu mereka. Mereka sudah jatuh dalam dosa, sehingga jauh dari Allah yang kudus. Tetapi, kesadaran mereka itu sudah terlambat. Mereka sadar, apa yang terjadi tidak seperti rayuan ular. Mereka tidak menjadi sama seperti Allah. Mereka malu karena mereka tidak berpakaian. Itu baru mereka sadari setelah berbuat dosa.

Lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat. Mereka juga ketakutan. Mereka telah melanggar perintah Allah. Apa yang akan terjadi pada mereka sekarang? Allah telah berfirman bahwa mereka pasti akan mati! Ketika suara Allah terdengar memanggil mereka, mereka tidak berani berjumpa dengan-Nya. Namun, tidak ada satu manusia pun yang dapat melarikan diri dari hadapan Allah. Suara Allah yang tadinya selalu menyukakan hati, sekarang menimbulkan rasa takut dalam hati mereka. Akibat ketidaktaatan Adam dan Hawa kepada Allah, hubungan mereka dengan Tuhan menjadi rusak. Mereka diusir dan tidak boleh lagi tinggal di taman itu. Mereka mengalami banyak kesukaran dan penderitaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kumpulan Cerita Alkitab Penyebab Manusia Jatuh dalam Dosa