"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Roh Kudus Melayakkan

cintakasih.net_ Perbedaan kerapkali menjadi alasan terbentangnya jurang pemisah di antara seorang dengan yang lain. Akibatnya, perpecahan, pertikaian, dan perceraian sering terjadi.


Petrus awalnya menolak untuk melayani orang-orang di luar komunitas Israel, yang dianggapnya tidak layak memeroleh kasih karunia Allah yang diimaninya dalam konsep orang Yahudi. Tetapi pada akhirnya ia mesti angkat tangan dan memperbaharui cara pandangnya ketika Roh Kudus sendiri berkarya dalam hidup orang lain seperti Kornelius.

Petrus diajar oleh Roh Kudus untuk melihat bahwa kasih karunia Allah itu memberi kelayakkan kepada semua orang tanpa pandang muka dan tidak membeda-bedakan. Perbedaan apapun yang melekat pada diri seseorang tidak akan pernah menjadi penghalang bagi Allah menyatakan kasih dan rahmat-Nya yang menyelamatkan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah perbedaan yang kerapkali ditemui juga menjadi perintang untuk dengan rendah hati mau menerima dan mengakui kehadiran orang lain? Ingatlah, ketika sikap seperti itu masih ada, maka Anda sedang berada dalam posisi sebagai pribadi yang egois dan sedang mempertontonkan keakuan diri atas orang lain dan Anda menjadi batu sandungan dalam hidup ini.

Roh Kudus Melayakkan
www.cintakasih.net

Mari belajar dari sosok Petrus, yang diubahkan ketika ia melihat bahwa Allah juga mengasihi orang yang berbeda dari kaumnya. Petrus belajar untuk dengan rendah hati memberi tempat yang lapang dalam hati, dalam hidup dan dalam pelayanannya bagi orang-orang yang juga dikasihi Allah sekalipun mereka berbeda darinya.

Perbedaan itu adalah realitas yang dianugerahkan Allah, karena pentingnya untuk menyikapi perbedaan dalam cara pandang yang benar yakni: Allah mengasihi semua orang dalam perbedaann ya namun satu dalam pengharapan dan percayanya di dalam Kristus. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Roh Kudus Melayakkan