"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Minoritas yang Menyelamatkan

cintakasih.net_ Minoritas adalah ungkapan yang ditujukan kepada kelompok kecil yang berbeda dari komunitas yang lebih besar. Dalam kenyataannya, kaum minoritas diperlakukan sebagai kaum kelas dua. Tetapi bagaimana kalau orang-orang minoritas menjadi penentu terhadap perubahan dan kemajuan?

Kesaksian Yesaya membentangkan kepada mayoritas umat Israel yang tidak taat bahwa, kalau Allah mengasihi dan mempedulikan mereka sehingga tidak seperti Sodom dan Gomora yang dibinasakan, itu tidak lepas dari ketaatan kelompok kecil di antara mereka yang takut akan Allah. Bahwa kalau Allah mau melawat mereka di tengah-tengah situasi terpuruk sebagai bangsa yang terjajah.

Itu juga tidak lepas dari kasih kelompok kecil yang lebih memilih mengandalkan Tuhan ketimbang mengandalkan kekuatan diri dan kekuatan bangsa asing yang tidak mengenal Allah. Yesaya mengingatkan mayoritas umat Israel bahwa tindakkan Allah yang menghukum mereka karena Allah ingin menengakkan kebenaran-Nya.

Nah bagaimana dengan kita? Adakah posisi minoritas membuat kita harus bermasa bodoh? Mari belajar dari sisa-sisa Israel yang percaya, bahwa iman, harapan dan kasih kepada Allah akan mendatangkan pemulihan, pembaharuan, dan pencerahan hidup atas Israel. Allah pun mengutus kita ke dalam dunia ini sesungguhnya sebagai minoritas yang membawa misi penyelamatan Allah atas hidup mayoritas manusia yang hidup seperti manusia Sodom dan Gomora.

Minoritas yang Menyelamatkan
www.cintakasih.net

Allah sedang mengutus kita sebagai yang minoritas untuk menunjukkan bahwa iman, harap, dan kasih yang teguh akan melimpahkan rahmat dan pengasihan bukan hanya bagi kita tetapi juga bagi bangsa, negara, dan masyarakat kita. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Minoritas yang Menyelamatkan