"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Doa Dasar Iman Katolik (Novena Roh Kudus, Mohon Berkat, dan Doa Sebelum dan Sesudah Makan)

1. NOVENA ROH KUDUS
Datanglah ya Roh Kudus, penuhilah hati umatMu, dan nyalakanlah di dalamnya api cintaMu. Utuslah RohMu maka segala sesuatu akan diciptakan lagi. Dan Engkau akan membaharui muka bumi.

Marilah berdoa:
Ya, Allah, Engkau telah mengajar hati umatMu dengan terang Roh Kudus; berilah supaya dalam Roh yang sama ini kami senantiasa berpikir benar dan bijaksana, serta selalu gembira karena lipuranNya. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

2. MOHON BERKAT ATAS PEKERJAAN
Allah yang mahakuasa, sebelum menghadapi pekerjaan kami, kami mohon berkatMu. Pimpinlah hati dan tangan kami, agar dalam Dikau kami memulai dan menyelesaikannya. Semoga segala kesulitan tidak melemahkan kami, dan hasilnya tidak menyesatkan kami. semoga usaha kami menambah kemuliaanMu, dan berguna bagi sesama kami. Semua jerih payah yang akan kami jumpai, kami persatukan dengan pengurbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama Engkau, kini dan sepanjang masa. Amin.

3. DOA SEBELUM MAKAN I
Ya Tuhan, berkatilah kami dan segala pemberian yang akan kami terima dari kemurahanMu. Demi Kristus pengantara kami. Amin.

Tuhan kasihanilah kami. Kristus kasihanilah kami. Tuhan kasihanilah kami. Bapa kami Moga-moga Raja kemuliaan yang kekal memberi kami tempat dalam perjamuan surgawi. Amin.

Doa Dasar Iman Katolik (Novena Roh Kudus, Mohon Berkat, dan Doa Sebelum dan Sesudah Makan)
www.cintakasih.net

4. DOA SEBELUM MAKAN II
Ya, Bapa, kami sekeluarga berkumpul disini untuk menikmati hidangan yang telah tersedia. Berkatilah kami dan kurniaMu ini agar berguna bagi kami untuk senantiasa berbakti kepadaMu. Berkatilah mereka yang menyiapkan makanan ini, bantulah saudara-saudara kami yang kekurangan.

5. DOA SESUDAH MAKAN III
Allah maha baik, Engkau menjaga seluruh makhluk ciptaanMu. Bukalah mata hati kami terhadap kebutuhan dan penderitaan yang kami jumpai. Ya Bapa, berilah makanan secukupnya kepada semua saudara yang berkekurangan. Amin.

6. DOA SESUDAH MAKAN IV
Bapa yang maha pengasih, kami mengucap syukur atas makanan ini, dan atas cintakasih mereka yang sudah menghidangkannya. Berkatilah mereka dan semua orang yang menaruh perhatian pada kesejahteraan sesama manusia. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Doa Dasar Iman Katolik (Novena Roh Kudus, Mohon Berkat, dan Doa Sebelum dan Sesudah Makan)