"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Doa Dasar Iman Katolik (Doa Pagi, Angelus, Ratu Surga, dan Doa Masa Advent)

1. MOHON KEHENDAK YANG KUAT
Ya Tuhan, alangkah senangnya kalau boleh memiliki kehendak yang kuat! Aku teringat akan orang-orang dalam sejarah yang memiliki kemauan keras membaja Mereka terus berusaha membangun dunia ini, meski menghadapi seribu satu kesulitan dan tantangan yang datang bertubi-tubi.Terutama aku teringat akan orang-orang yang dengan gagah perkasa melaksanakan kehendakMu; akan para pelajar yang berusaha sungguh sungguh dan setia menjalankan tugasnya, karena ingin menyenangkan Dikau; akan para pekerja yang bersusah payah sepanjang tahun, karena menyadari kewajibannya; akan para martir yang pantang menyerah biarpun dipaksa dengan siksaan atau aniaya. Tuhan Yesus Kristus, aku teringat akan kehendakMu sendiri yang tetap kuat dan teguh, biar dalam sengsara dan penghinaan sekalipun. Terpujilah Engkau, ya Allahku.Alangkah nikmatnya dapat mengatakan: Aku mau… Seluruh dunia mungkin runtuh hancur berantakan, namun tiada sesuatu pun yang dapat menggoyahkan batukarang kehendak yang bebas dan pasti. Tetapi aku juga takut kalau berlagak terlampau berani. Sebab hanya yang rendah hati berkenan kepadaMu. Oleh karena itu, ya Tuhan, anugerahkanlah kepadaku kemauan yang kuat, dan sekaligus sikap yang lembut lagi kesatria. Amin.

2. MOHON PELAJARAN BERHASIL
Guru ilahi yang maha bijaksana, aku mohon kepadaMu, supaya pelajaranku berhasil, karena pelajaranku merupakan persiapan bagi hidupku di kemudian hari. Aku tidak mohon kepandaian yang cemerlang, tetapi cukuplah kalau Engaku sudi membantu aku, agar aku dapat mengerti semua mata pelajaran, dan dapat mengingat semuanya dengan baik, sehingga pada akhir tahun pelajaran aku bisa naik.Guru yang maha bijaksana, aku juga mohon khususnya supaya aku memperoleh hasil yang paling baik di dalam mata pelajaran yang paling aku butuhkan dikemudian hari.Dari pihakku, aku akan berusaha sungguh-sungguh untuk mengikuti semua mata pelajaran dengan tekun, juga mata pelajaran yang paling membosankan. Tetapi dalam hal ini aku sungguh hanya bersandar pada bantuanMu.Yesus, aku mohon pelajaranku berhasil demi masa depanku; demi orangtuaku; jangan sampai mereka kecewa; demi keselamatan jiwaku; dan demi kemuliaan namaMu.Akhirnya ya, Yesus, aku mohon semangat dan gairah belajar yang tinggi, supaya aku selalu belajar dengan rajin dan tekun, tanpa mengabaikan kepentingan-kepentingan luhur yang perlu bagi keselamatan jiwaku di dunia ini dan di akhirat nanti. Amin.

Doa Dasar Iman Katolik (Doa Pagi, Angelus, Ratu Surga, dan Doa Masa Advent)
www.cintakasih.net

3. DOA PAGI
Allah  Bapa, kami berterima kasih kepadaMu karena hari yang baru ini. berilah kami iman yang hidup, harapan yang kuat, dan cinta yang ikhlas. Semoga segala perkataan yang akan kami ucapkan hari ini, dan segala perbuatan kami, menyenangkan hatimu.Bimbinglah kami dengan RohMu, agar dalam segala tingkah laku kami semakin serupa dengan Yesus Kristus PuteraMu.Berkatilah keluarga kami dan semua orang yang kami jumpai hari ini. semoga dalam pergaulan dengan mereka kami menunjukkan kebaikan, seperti Engkau baik hati bagi semua orang. Kami akan berusaha menerima suka dan duka dengan hati yang tabah.Santa Maria, Bunda Yesus, jagailah kami anakmu. Kemuliaan kepada Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

4. DOA ANGELUS (Didoakan jam 06;00, 12;00 dan 18;00)
P: Maria diberi kabar oleh Malaikat Tuhan
U: Maka ia mengandung dari Roh Kudus      (Salam Maria)
P: Aku ini hamba Tuhan
U: Terjadilah padaku menurut perkataanMu (Salam Maria)
P: Sabda telah menjadi daging
U: Dan tinggal diantara kita                          (Salam Maria)
P: Doakanlah kami Ya Santa Bunda Allah
U: Supaya kami dapat menikmati janji Kristus

Marilah berdoa:
Ya Allah, karena kabar Malaikat kami mengetahui, bahwa Yesus Kristus, PuteraMu, menjadi manusia; kami mohon curahkanlah rahmat-Mu kedalam hati kami, supaya kami karena sengsara dan salibNya kami dibawa kepada kebangkitan yang mulia oleh Kristus Tuhan kami. Amin.

5. RATU SURGA (Masa Paska)
Ratu surga bersukacitalah, AlleluiaSebab Dia yang boleh kau kandung, AlleluiaTelah bangkit seperti yang disabdakan-Nya, AlleluiaDoakanlah kami pada Allah, Alleluia
P: Bersukacitalahdan bergembira-lah Perawan Maria, Alleluia
U: Sebab Tuhan sungguh telah bangkit, Alleluia

Marilah Berdoa:
Ya Allah, Engkau telah menggembirakan dunia dengan kebangkitan   PutraMu, Tuhan kami, Yesus Kristus. Kami mohon, perkenankanlah kami dengan perantaraan BundaNya Perawan Maria, bersukacitalah dalam kehidupan yang kekal, karena Kristus Tuhan kami. Amin

6. DOA MASA ADVENT
O Yesus, Dikau yang hidup dalam diri Maria, datang dan tinggallah didalam diri hamba-hambaMu, dalam semangat kekudusanMu, dalam kepenuhan kuasaMu, dalam kebajikan-kebajikanMu yang sejati, dalam kesempurnaan jalan-jalanMu, dan didalam misteriMu yang menyatukan. Taklukkanlah setiap kuasa musuh dalam RohMu, demi kemuliaan Allah Bapa. Amin

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Doa Dasar Iman Katolik (Doa Pagi, Angelus, Ratu Surga, dan Doa Masa Advent)