"Sebagai murid Yesus, tidak cukup kita hanya mengerti ajaran-Nya secara intelektual. Kita perlu menghayati pesan-pesan itu dalam hidup kita sehari-hari." (Rm. Antonius Sad Budianto CM)

Doa Dasar Iman Katolik (Penyerahan Diri, Doa Tobat, Derita, dan Waktu Sakit)

1.  DOA PENYERAHAN DIRI
Ya, Tuhanku dan Allahku, Ambillah segala yang menjauhkan aku dari padaMu. Ya Tuhanku dan Allahku, berilah aku segala yang kuperlukan untuk menemui Engkau. Ya Tuhanku dan Allahku, terimalah diriku, dan jadikanlah milikMu.

2. DOA MOHON KELUHURAN HATI
Sang Sabda yang tercinta, ajarlah aku berhati luhur sebagaimana pantas bagiku. Ajarlah aku memberi tanpa pamrih, berjuang tanpa mengeluh kesakitan, dan bekerja tanpa mengharap upah. Ajarlah aku menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah, sebab satu-satunya yang kuharapkan ialah hasrat yang tulus untuk selalu melaksanakan kehendakNya di dalam segala-galanya. Amin.

3. DOA PENYERAHAN
Bapa, kuserahkan diri kepadaMu, berbuatlah sekehendakmu atas diriku. Apapun yang kauperbuat atas diriku akan kuterima dengan senang hati. Aku bersedia menanggung segala-galanya, asal kehendakMu terlaksana di dalam diriku dan di dalam segala makhluk. Itulah Tuhan, yang kuharapkan; tiada yang lain. Kupertaruhkan jiwaku demi namaMu, kuserahkan hidupku kepadaMu dengan segenap hati dan penuh cinta, sebab aku mencintaiMu. Sebagai tanda bukti cintaku kuserahkan diriku dan kupersembahkan hidupku tanpa syarat ke dalam tanganMu. Aku percaya kepadaMu dengan kepercayaan yang tiada batasnya, sebab Engkau adalah Bapaku. Amin

4. DOA TOBAT
Allah yang maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku, sebab patut aku Engkau hukum, terutama sebab aku telah menghina Engkau yang maha murah dan mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku, dan berjanji dengan pertolongan rahmatMu hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah, ampunilah aku, orang berdosa.

Doa Dasar Iman Katolik (Penyerahan Diri, Doa Tobat, Derita, dan Waktu Sakit)
www.cintakasih.net

5. DOA DALAM DERITA
Bapa yang maha penyayang dan mahatahu, aku percaya bahwa Bapa mengetahui apa yang sedang kuderita, dan apa yang aku rasakan. Aku percaya pula bahwa Bapa mempunyai rencana dengan segala derita dan kegelapan kami di dalam tanganMu. Tabahkanlah hatiku untuk menghadapi segala kesusahan kami, dan berilah kami terangMu, sehingga kami dapat mengerti dan menerima kesusahan kami seperti yang Bapa kehendaki. Demi Yesus Kristus Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin

6. DOA WAKTU SAKIT
Tuhan Yesus, Engkau memahami segala penderitaan sebab Engkau telah mengalami penderitaan yang paling berat. Dan tatkala di taman Zaitun Engkau sungguh orang yang paling kesepian dari semua orang yang kesepian.Pada saat ini aku pun menjadi orang yang tidak berdaya. Badanku lemah, tak dapat tidur. Hari-hariku terasa panjang dan membosankan. Aku terkurung saja di ruangan ini, tubuhku tak dapat kugerakkan, aku terpaku pada ranjang derita ini. Sementara

sesamaku yang sehat dengan lincah mengayunkan langkahnya, dan senyum gembira menghias wajahnya. Di dalam benakku bermunculan pengalaman-pengalaman yang telah lewat, yang kuundang dengan sengaja: kegembiraan, hiburan, kesenangan, dan macam-macam peristiwa yang membuat aku bahagia.Alangkah bahagianya menikmati keadaan yang segar bugar. Di pagi hari aku dapat memuji keagunganMu, lalu menyiapkan diri untuk tugas rutinku. Tetapi sakitku ini membuatku memahami bahwa kesehatan adalah anugerahMu melulu.Ampunilah aku, karena kurang tahu terimakasih atas segala anugerahMu. Kupersembahkan tubuhku yang lemah ini; sakitku kupersatukan dengan deritaMu di Getsemani. Tuhan, berilah aku kegembiraan, ketabahan, dan kekuatan untuk menerima keadaan ini. Jadikanlah aku rela pasrah dalam menerima penderitaan ini. berkatilah semua orang yang dengan cara apa saja membantu dan melayani aku. Sudilah Engkau mengganjar mereka. Semua ini aku mohon demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Doa Dasar Iman Katolik (Penyerahan Diri, Doa Tobat, Derita, dan Waktu Sakit)